Refleksi Teknologi Informasi Dulu, Kini Dan Masa Depan

Teknologi Informasi Pada Zaman Dahulu
Pada zaman yang lalu teknik pendokumentasian informasi itu masih sangat sederhana. Beberapa alat yang digunakan pada zaman dahulu adalah tulang, batu, kulit, tanah,liat dan sebagainya. Sehingga informasi ini menyebar dengan sangat lambat dan sangat kurang efisien.
Pada zaman dahulu penyebaran yang paling dominan adalah dengan menggunakan sebuah surat. Sebenarnya budaya surat menyurat itu sudah dimulai sejak nenek moyang kita dahulu. Hal ini dapaat dibuktikan pada saaat kegiatan festival kraton Yogyakarta 15-21 september 1991 yang bertempat di Kesultanan Yogyakarta.Pada festival ini ditampilkan surat emas dari raja-raja dan naskah kuno yang berasal dari abad 17-19 serta salinan naskah asli yang berasal dari seluruh nusantara.

Sejarah kemampuan menulis pada garis besarnya yaitu:
=>Suatu peristiwa dinyatakan dalam gambar seperti pada gambar komik modern. Ini ditemukan dalam gua-gua di Spanyol dan Prancis.
=>Karena menggambar relative sukar dibandingkan menulis, maka gambar disederhanakan lalu diberi bentuk tertentu. Contoh:tulisan Kanji, benda-benda dan peristiwa diwakili oleh tanda Kanji tertentu dan bersifat konkret.
=>Meningkat kepada lapangan yang bersifat abstraksi, yaitu suku kata yang diberi tanda tertentu, dari segi bentuk dan bunyinya. Tingkat member tanda pada tiap suku kata disebut tingkat hieroglif, yang dimulai oleh “J. F. Champolion” yang telah menganalisis sebuah tulisa pada sebuah batu yang disebut Batu Rosetta yang ditemukan didekat kota Rosetta (Mesir) pada tahun 1799 oleh seorang prajurit lascar Napoleon. Terdapat tiga buah tulisan yaitu tulisan “Yunani”, tulisan “rakyat” (demotic) dan “hieroglif”. Proses abstraksi merupakan proses analisis.
=>Tingkat menuju kearah abjad merupakan suatu abstraksi lebih lanjut yang mungkin berdasarkan tingkatan hieroglif. Dari sejumlah suku kata yang bunyinya berbeda dan diberi tanda berbeda, ditemukan lagi suku kata atau bunyi yang sama. Bunyi yang sama ini kemudian diberi tanda lagi, misalnya Ka, Ki, Ku, Ke, Ko. Dari suku-suku kata tersebut yang sama ialah  bunyi ‘K’ya sehingga seolah-olah ‘K’ merupakan abstraksi tingkat dua setelah tingkat hieroglif.
Dalam perkembangan selanjutnya munculnya jurnalistik. Pada mulanya jurnalistik dikenal ketika Julius Caesar menjadi kaisar romawi. Waktu itu ia mengeluarkan peraturan agar kegiatan-kegiatan Senat setiap hari diumumkan kepada khalayak dengan ditempel pada semacam papan pengumunan dinamakan Acta Diurna.

Teknologi Pada Zaman Sekarang
Peralihan suatu Negara dari Negara agraris menuju industialisasi pada abad ke 14 membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia, yang mencapai puncaknya pada abad 18. Abad ini merupakan abad pemikiran dan timbulnya penemuan-penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Adanya penemuan mesin cetak, bola lampu, alat tulis, mesin ketik, dan sebagainya membawa pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan manusia.
Setelah era menulis di atas potongan bambu dan daun lontar di gantikan dengan kertas dan tinta,maka orang menulis diatas kertas dengan menggunakan alat tulis. Sifat manusia yang ingin serba enak, cepat dan praktis membuat peralihan dalam bidang pesuratan tradisional menjadi modern. Penggunaan mesin ketik ataupun komputer kini menjadi tumpuan. Dengan komputer naskah diketik dan disimpan dalam penyimpanan yang bernama disket untuk selanjutnya dicetak dengan printer. Kelebihannya yaitu pada kecepatan mencetak, naskah yang tersimpan dapat dibuka kembali sewaktu-waktu dan penggunaan huruf yang beraneka ragam serta format penulisan yang diatur didalam kertas.
Media yang lain yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi yang cepat ialah penggunaan telpon. Tanpa menulis surat dan menunggu balasan surat, hanya dengan menekan tombol sejumlah angka, maka hubungan komunikasi dapat dilakukan. Bahkan mengirim surat sengan faksimile sebagai mesin fotocopy jarak jauh pun sudah dapat silakukan.
Selain media diatas terdapat radio dan televisi. Kedua media ini pengaruhnya sangat besar dalam bidang informasi. Sekarang, radio dan televisi sudah banyak dijual dimana-mana.  Bahkan sekarang ponsel-ponsel baru sudah bisa digunakan untuk menonton televisi dan mendengarkan radio.Chanel-chanel radio dan televisi juga sudah banyak macamnya dan chanel-chanel tersebut memiliki banyak acara yang berupa informasi yang ditampilkan.
                       
Teknologi Pada Zaman yang Akan Datang.
Melihat apa yang terjadi pada saat ini, dapat dibanyangkan apa yang akan terjadi pada zaman yang akan datang. Jauhnya jarak tidak akan lagi terasa, kelak komunikasi jarak jauh akan dilakukan dengan hologram tiga dimensi yang sangat begitu nyata, pekerjaan manusia akan dikerjakan oleh robot-robot secara otomatis dan mampu belajar dari pengalamannya sehingga mampu mengoreksi kesalahan yang ia lakukan denan sendirinya.
Teknologi komputerpun akan berkembang dengan pesat. Komputer masa depan akan merespon tindakan-tindakan manusia dan memahami bahasa manusia. Lebih canggih lagi, komputer generasi yang akan datang diramalkan akan memiliki perasaan yang lanyaknya manusia sebagai pengguna komputer.
Melihat fakta dan gambaran masa depan seperti diuraikan diatas, muncul suatu kehawatiran “ akankah eksistensi manusia akan digantikan dengan komputer?” dan “akankah manusia akan bertahan dari kepunahan?”.Perlu kita sadari dan tekadkan, “Teknologi dibuat untuk membantu manusia, bukan untuk memperbudak manusia”.
Komputer ada dimana-mana, semakin portable dan mobile. Disisi lain, seluruh peralatan yang menunjang kehidupan akan mengandung komputer yang embedded. Ketersediaan jaringan internet sangat tinggi karena itu akses usia dapat melakuterhadap informasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Internet akan mengandun informasi yang berlimpah. Manusia dapat bekerja, menikmati hiburan, bersosialisasi dan berkelana secara virtual ke seluruh dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduknya. Robot-robot cerdas akan melayani  seluruh kebutuhan manusia. Manusia dapat melakukan berbagai hal dengan upaya fisik yang sangat minimum. Dua hal kunci adalah cyberspace atau dunia virtual, anytime anywhere access dan minimalisasi aktifitas.

0 comments:

Posting Komentar